Pembelajaran Jarak Jauh yang diselenggarakan Pak Guru Nine dengan murid-muridnya di awal pertemuan pembelajaran daring tahun pelajaran 2020/2021. 


[Jombang, Abacaraka] – Setelah berakhirnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan secara daring,  SMA Negeri 2 Jombang langsung menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Pembelajarannya dilakukan dengan model jarak jauh yang juga dilakukan secara daring.
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan oleh guru-guru sekolah ini dimulai pada Senin, 20/7/2020. Piranti yang digunakan untuk model pembelajraan ini adalah aplikasi android Google Classroom. Sepekan penuh sebelum pembelajaran dimulai, para guru SMADAJO dilatih secara intensif mengoperasikan aplikasi ini.
Pada tahun pelajaran 2020/2021 saya mendapat tugas sebagai wali kelas X IPA 7. Murid-murid di kelas ini menjadi partner saya yang pertama kali dalam mempraktikkan aplikasi ini dalam pembelajaran. Dalam waktu singkat kami pun bisa memahami cara kerja aplikasi ini, meskipun masih banyak hal yang belum kami ketahui tentang aplikasi yang kini sangat membantu tugas guru saat mas pandemi Covid-19 ini.
Sebelum pembelajaran dimulai saya memastikan para murid dalam kondisi siap belajar. Mereka harus memakai pakaian yang rapi dan menyiapkan perangkat belajar onlinenya baik berupa smartphone maupun laptop. Saya meminta mereka mengirimkan foto mereka yang menunjukkan keadaan siap belajar.
Saya melaksanakan PJJ dari ruang guru SMAN 2 Jombang, sedangkan para murida berada di kediaman masing-masing. Kelas pertama yang saya sapa adalah kelas X IPA 7 yang saya menjadi wali kelasnya. Mereka pun telah siap sebelum pukul 07.00.
Saya baru melaksanakan pembelajaran pada jam ke-3 di kelas X IPS 1 dan jam ke 5 di kelas X IPA 7. Materi yang saya sampaikan adalah aspek al-Quran yang membahas tema Kontrol Diri (Mujahadah an-Nafs), Prasangka Baik (Husnudhan) dan Persaudaraan (Ukhuwah). [nam]