Melalui smart phone, peserta didik bisa mengisi formulir online penugasan kegiatan Pesantren Ramadhan 1441 H yang dilakukan di rumah mereka masing-masing.



[Jombang, Abacaraka] - Pesantren Ramadhan 1441 H/2020 M SMA Negeri 2 Jombang telah dilaksanakan secara daring (online) pada 17-23 Mei 2020. Dipandu oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masing-masing, peserta didik mendapat penugasan amaliyah ibadah sehari-hari pada bulan Ramadhan ini. Tiap hari mereka wajib melaporkannya dengan mengisi angket formulir online yang telah disiapkan oleh guru.
Angket formulir online itu menggunakan aplikasi Google Form. Aplikasi ini dipilih karena sederhana dan mudah dioperasikan. Selain itu, aplikasi itu juga dilengkapi dengan fasilitas analisis kuantitatif sederhana, sehingga memudahkan guru membaca data dan menganalisisnya secara cepat dan sederhana.  
Grup Whatsapp Mesengger dimanfaatkan untuk memudahkan komunikasi antara guru dengan peserta didik secara online. Melalui grup itu guru memandu peserta didik mengerjakan tugas-tugas. Konsultasi antara guru dengan peserta didik pun dilakukan melalui grup ini.      
Angket tersebut terdiri dari 6 (enam) bagian modul. Modul 1 berisi pelaksanaan shalat fardhu lima waktu. Modul 2 berisi pelaksanaan shalat sunnah. Modul 3 berisi dzikir dan doa sehari-hari. Modul 4 berisi pelaksanaan literasi al-Quran. Modul 5 berisi praktik ibadah sosial. Modul 6 berisi lampiran karya inovatif peserta didik.
Meskipun kegiatan ini dilakukan tanpa bersemuka secara langsung, namun dengan piranti online, pembelajaran tetap bisa berlangsung. Peserta didik dapat diarahkan untuk mengisi bulan Ramadhan 1441 dengan amaliyah ibadah secara produktif. Guru juga bisa setiap saat memantau dan memberi umpan balik kepada peserta didiknya, sehingga mereka bisa diarahkan untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.
Saya, Pak Guru Nine, mengampu peserta didik kelas di 6 kelas, yaitu XI IPA-5, XI IPA-6, XI IPA-7, XI IPS-1, XI IPS-2, dan XI IPS-3. Jumlah semua peserta didik yang beragama Islam kelas itu adalah 178 peserta didik. Selama pelaksanaan Pesantren Ramadhan Online ada 471 tanggapan yang telah masuk dan telah memberikan informasi yang cukup untuk dianalisis secara sederhana.
Hasil analisis sederhana itu kemudian direformulasikan menjadi beberapa item pertanyaan angket baru yang bermaksud untuk mengungkap motiv dan alasan responden atas tindakan yang dipilihnya. Hasil responden ini menjadi bahan analisis lanjutan yang saling melengkapi.  Inilah langkah-langkah yang dilakukan untuk mendapatkan data yang akan dianalisis dan kemudian dipaparkan dalam bentuk narasi.
Secara bertahap, saya akan membuat paparan analisis berdasarkan data hasil isian responden itu. Data ini sangat berarti karena dihasilkan dari praktik langsung yang dilakukan oleh responden setidak-tidaknya selama bulan Ramadhan 1441 H. Saya akan memadukannya dengan kerangka teori yang ada dan membahasakannya secara sederhana, sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. 
Tulisan ini sebenarnya merupakan tulisan pendahuluan hasil analisis pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1441 H yang telah saya lakukan. Ada beberapa bagian tulisan paparan analisis yang telah saya buat. Tulisan-tulisan itu secara periodik akan saya ungga dalam blog ini agar bisa diketahui publik. 
Nantikan tulisan-tulisan itu pada beberapa hari ke depan di blog ini. Selamat membaca dan menikmatinya. Salam literasi. {abc}